Menangani mencret a.k.a Menangani Diare

Tips ini bukan dari dokter, saya bukan dokter, tapi semoga membantu untuk pertolongan pertama :hehe:
Dan bilamana dirasa judul terlalu vulgar, saya ga nemu istilah lain :hammer:

berikut ulasannya Kenali dulu sebab mencret anda:
1. Makanan
2. Infeksi/bakteri
3. Alergi
Kebanyakan mencret karena makanan, kalo yang infeksi, juga karena makanan :hammer:, Alergi,.?? mungkin,.. :hammer:

Kapan terakhir anda makan, (sebelum anda mengalami mencret)? sekitar 12 jam terakhir.Pada saat anda makan,bagaimana kondisi tubuh anda saat itu?[1]. Karena, makanan yang anda makan tidak sepenuhnya 100% higienis[2].Belum lagi dengan kuman endemik[3].Indikasi awal ini bisa digunakan untuk menentukan langkah selanjutnya.

Penangan mencret yang paling benar adalah dengan membawanya ke dokter :beer: :hehe: :hehe: :hehe: :hammer:

Jika ga ada dokter, maka penangan berikut bisa dilakukan,..
1. Segera minum obat/tablet penyerap racun. Misalnya, diatab. Jika diatab tidak ada, anda bisa memakan arang. Iya arang, arang itu karbon, dan karbon bisa menyerap racun. Kalo ga percaya, beli ke apotik beli norit, atau biasnaya disebut carbo-tablet :p itu isinya ya arang. :D:D
2. Minum teh pekat, teh pekat ini maksudnya, teh tanpa gula. Cara buat gampang, air mendidih, lalu masukkan teh kedalamnya. Jika teh celup, satu gelas di isi 2 kantong, jika teh rendam biasa, sekitar satu sendok teh. Tunggu sampai kira1 10 menitan, sambil diaduk, biar cepet bereaksi tehnya. Minum selagi anget :hehe:, pas mendidih juga gak papa, dijamin anda segera kedokter, karena lidah melepuh, dan keluhan minor, mencret :hehe: :hammer:

Kenali Tubuh anda, dan perilakunya.
1. Beberapa orang akan mencret jika minum kopi, itu wajar. Karena kopi merangsang asam lambung, sedangkan asam lambung, ada HCL-nya,coba tuang pembersih porselen andake kulit, nah pembersih porselen itu ada HCL-nya. Tapi khan pembersih porselen HCL-nya beda dari asam Lambung, iya beda,.. asam lambung lebih kuat dari pembersih porselen manapun yang ada di pasaran :hehe:. Jika anda masih ingin menikmati kopi, barengi dengan makanan. Jika makanan kecil tidak ngefek, alias masih mencret, coba barengi dengan makan besar :hehe:. Itu kalo anda benar2 pengin menikmati kopi kalo ga ya ga usah.
2. Beberapa Orang akan mencret jika makan susu kental manis. Rasa coklat, rasa apa itu,.. yang jelas susu kalengan lah. Saran saya, jangan susu kalengan, susu yang alami saja,.. :genit: susu yang murni… yang masih seger,.. :genit:…. :hammer:. ITu wajar, sama dengan kopi, tapi susu kental manis tidak merangsang asam lambung sebagaimana kopi. Susu kental manis, sudah kental, manis pula. Dulu waktu biologi SMA dijelaskan, kalau benda cair dengan kerapatan tinggi, akan menyerap air disekitarnya (eh biologi, apa fisika, apa kimia yoh? lupa saya :hammer: ). Yang jelas, susu kental manis tersebut akan menyerap air yang ada di dinding usus agar menjadi cairan yang mempunyai kekentalan yang sama dengan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, terkadang selain mencret, usus/perut terasa sakit pas kerasa mencret, :hehe:
3. Beberapa orang mencret setelah merasa masuk angin :hammer:. Masuk angin, seingat saya ga ada istilahnya dalam bidang kedokteran. Tapi yang jelas, masuk angin merupakan gerak peristaltik yang kurang optimal dari usus kita[4].Karena gerak yang kurang optimal, maka kecenderungan bakteri pembusuk dalam tubuh akan mereaksi makanan yang seharusnya lewat dan dikeluarkan, malah tertahan lama di usus. Hasilnya, gas methan :hehe: yang lebih dikenal dengan kentut…. :hehe:, saya jamin, baunya ga enak pas ngentut :berbusa:

Tips,
- Jika mencret, anda bisa minum air yang banyak tapi juga jangan terlalu banyak, minum jika anda merasa haus. Kalo kebanyakan minum air malah bunyi krucuk-krucuk :hehe: :hammer:
- Jangan minum Antibiotik,..!!! karena itu tidak akan membantu penangan mencret anda berikutnya. Karena belum tentu mencret anda karena kuman/parasit. Kalau karena kopi/susu seperti diatas? Lagian antibiotik hanya akan diberikan jika mencret anda tidak berhenti selama 7 hari berturut-turut. Penanganan selama 6 hari adalah dengan menggunakan tablet penyerap racun, diatab atau carbo-tablet.
-Mencret pada umumnya tidak akan menjadikan anda menginggal pada hari pertama (*asumsi, tidak sedang mengalami penyakit yang kompleks), usahakan tindakan 2 diatas yang cocok untuk anda, dan gunakan pada hari pertama. Lalu segera hubungi dokter terdekat dari lokasi anda. Anda bisa saja meninggal dihari pertama mencret, karena kecelakaan di rel-kereta api, tapi jangan salahkan mencretnya :p. :hehe:

show

————————————
Baru Ngerti kalo mencret=Diare,.. :malu:
Seharusnya judulnya menangani diare :hammer:
*Edited, 17:24

————————————

________________________:ngacir:

regards,
tolahtoleh.comâ„¢

note:

  1. Bisa jadi makanan yang sama, kalo kondisi tubuh anda sedang kurang prima, ya bisa jadi mencret.()
  2. Hanya makanan astronot yang higienis, khan di luar angkasa ga ada kuman :hammer: ()
  3. Setiap lokasi yang berbeda, mempunyai kuman yang berbeda. Anda bisa saja berada pada daerah tertentu, lalu mengalami mencret setelah memakan menu yang biasanya anda makan di daerah anda biasanya tinggal. Tenang, bisa jadi tubuh anda sedang beradaptasi dengan kuman endemik daerah baru anda. Anda tidan menret pada makanandidaerah asal anda tinggal, karena tubuh anda sudah beradaptasi dengan baik dengan kuman-kuman tersebut.()
  4. meracaru lagi, keterangan lebih klanjut, hubungi dokter anda :hammer: ()
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks